Pemasaran blog bisa sangat rumit bagi siapa saja yang belum pernah membuat blog sebelumnya. Jika Anda mempertimbangkan untuk masuk ke pemasaran blog bisnis kecil, Anda akan ingin terlebih dahulu memiliki blog dan melihat seperti apa itu sebelum Anda masuk ke sesuatu yang lebih.

Blogging membutuhkan dedikasi dan kesabaran. Anda harus memperbarui blog Anda secara teratur untuk membuat pembaca Anda senang.

Baca juga: Aspek Paling Penting dari Pemasaran Blog

Melakukannya akan membuat mereka kembali lagi dan melihat apa yang baru Anda katakan.

Pemasaran blog bisnis kecil terdiri dari blogging tentang bisnis Anda.

Ini jelas merupakan alat hebat yang harus Anda gunakan untuk membawa bisnis Anda ke luar sana dan dikenal oleh orang lain.

Namun, Anda perlu bersabar karena ini adalah proses panjang yang membutuhkan banyak perhatian Anda. Hanya karena Anda memiliki blog, bukan berarti seseorang akan menemukannya dan membacanya. Anda harus membuatnya diketahui.

Jika Anda memiliki situs web untuk bisnis Anda, Anda dapat menautkan blog Anda ke sana dan itu akan memberi tahu orang-orang tentang bisnis dan situs web bisnis Anda tentang blog Anda juga.



Pemasaran blog bisnis kecil adalah sesuatu yang dapat dilakukan siapa saja. Memiliki blog dan tetap up to date dengan informasi terbaru tidaklah sulit.

Yang perlu Anda miliki hanyalah sebuah rencana dan Anda akan siap untuk memasarkan semua jenis bisnis dari blog Anda. Apakah Anda menjual produk atau layanan, itu tidak masalah.

Sebuah blog yang dipasarkan dengan cara yang benar akan bermanfaat bagi bisnis apa pun itu.

Baca juga: Ingin Buat Website Responsif? Kenali Apa Itu Bootstrap Beserta Kegunaannya

Jadi Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda akan mencapai pemasaran blog bisnis kecil ini. Saat Anda memasarkan blog, Anda melakukannya dengan cara yang sama seperti memasarkan situs web. Itu akan membutuhkan kata kunci, dan konten.

Anda dapat menulis konten sendiri, atau membayar orang lain untuk menulisnya untuk Anda. Bagian itu sepenuhnya terserah Anda.

Namun Anda ingin memastikan bahwa kontennya layak dan sesuatu yang ingin dibaca oleh pembaca Anda.

Ini akan membuat mereka datang kembali. Pastikan konten ditulis dari kata kunci khusus yang Anda pilih. Anda juga akan ingin menjadi akrab dengan SEO yaitu Search Engine Optimization. SEO akan membantu Anda untuk mengoptimalkan blog Anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dengan mesin pencari.

Setelah Anda memilih kata kunci, dan mendapatkan beberapa konten yang dipublikasikan di blog Anda, Anda akan siap untuk mengeluarkannya lagi. Pertukaran tautan sangat bagus untuk memasarkan blog bisnis kecil Anda.

Anda ingin mencoba dan bertukar tautan dengan situs yang relevan dengan situs Anda, tetapi tidak dalam persaingan langsung. Jika Anda mencoba untuk bertukar tautan dengan situs yang bersaing dengan situs Anda, Anda akan menemukan bahwa banyak dari mereka akan menolak Anda karena takut kehilangan bisnis Anda.

Direktori berbayar juga merupakan bagian besar dari pemasaran blog bisnis kecil.

Anda dapat membayar beberapa direktori untuk mencantumkan URL blog Anda di direktori mereka di bawah kategori tertentu yang termasuk di dalamnya.

Namun, beberapa di antaranya bahkan memiliki kualifikasi khusus yang harus Anda masuki. Ikuti semua langkah aplikasi, dan Anda akan baik-baik saja. Hanya saja, jangan mencoba mengirimkan blog Anda ke direktori yang tidak memenuhi syarat, atau tidak cocok.

Hal penting lainnya yang perlu diingat ketika Anda memasuki pemasaran blog bisnis kecil adalah jika ada yang meninggalkan Anda komentar di blog Anda, Anda harus mengakuinya dan menanggapinya.

Anda juga dapat mengomentari blog lain yang relevan dengan blog Anda, dan meninggalkan tautan ke blog Anda juga. Ini akan membantu mendatangkan pengunjung ke blog Anda, dan Anda akan mulai melihat lebih banyak lalu lintas.

Pemasaran blog bisnis kecil bukanlah ilmu roket, namun seseorang yang belum pernah memasarkan apa pun sebelumnya dalam hidup mereka mungkin memiliki masalah. Tetaplah gigih, dan jangan menyerah.